Kamis

TEMU JIMMPTN


Bogor,,JIMMPTN merupakan singkatan dari Jaringan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Perguruan Tinggi Negeri. Nama tersebut sudah menggambarkan bahwa yang ada di dalamnya adalah komisariat-komisariat IMM yang ada di Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Forum ini dibentuk salah satunya dikarenakan adanya kesamaan nasib komisariat-komisariat IMM di PTN. Maka forum ini diharapkan mampu memberikan solusi dari permasalahan -permasalahan yang muncul di komisariat PTN. Namun perlu digaris bawahi bahwa forum ini tidak dimaksudjan untuk membuat tandingan IMM PT Muhammadiyah.

Menurut beberapa sumber sejarah mengatakan bahwa awal mula forum ini ada sejak muktamar di Ambon, dimana komisariat-komisariat IMM dari PTN atau kader-kader IMM dari PTN bertemu dan berdiskusi. Dari situlah muncul perasaan senasib sepenanggungan di antara IMM - IMM PTN. Selanjutnya muktamar IMM di Lampung pertemuan yang diisi diskusi dan sharing terlaksana lagi hingga memutuskan adanya jaringan yang merangkul IMM-IMM di PTN. Demikian juga pada muktamar Lembang.

Pertemuan regional IMM PTN se-Jawa juga telah dilaksanakan di Malang pada tanggal 29-31 Januari 2010 bersama PTAIN dan PTS non sehingga bernama IMM non PTM. Sebelumnya pertemuan juga sudah dilaksanakan di Yogya. Pertemuan perumus JIMMPTN dilaksanakan kembali di Bogor pada tanggal 14-15 Februari 2011 untuk membicarakan pertemuan JIMMPTN nasional selanjutnya yang juga insya Allah akan dilaksanakan di Bogor. Pertemuan ini dihadiri oleh PK IMM Univ. Brawijaya, UGM, UNEJ, UNAIR,UNY, UPI, dan tentu saja IPB sebagai tuan rumah. Pertemuan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Syaimah Baranangsiang Bogor.

Alhasil, pertemuan ini memutuskan untuk tetap akan mengadakan pertemuan nasional IMM PTN se-Indonesia di Bogor. Oleh sebab iru, IPB mau ditetapkan sebagai koordinator pusat. Sedangkan koordinator wilayah berdasarkan pembagian tiga wilayah besar disesuaikan dengan wilayah SNMPTN/SPMB antara lain:
- UNAIR: wilayah timur (Jatim, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, INA timur)
- UGM : wilayah Tengah ( DIY, Jateng, Kalimantan)
- IPB : wilayah barat (Jabar, Sumatera)

Sementara itu, acara Munas JIMMPTN Bogor ini, rencananya akan dilaksanakan pada bulan Mei (akhir)atau awal bulan Juni 2011. Harapannya pertemuan ini akan menjadi pertemuan besar yang dihadiri oleh seluruh komisariat IMM PTN se-Indonesia (40 komisariat yang terdata) serta membuahkan hasil yang besar dan tentunya bermanfaat demi keberlanjutan, kemajuan, serta kejayaan IMM umumnya, IMM PTN khususnya.

0 komentar:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez