Selasa

jangan Anggap Remeh Pertanian


MENGAPA PERTANIAN

Berbicara tentang Indonesia, maka tidak dapat terlepas dengan masalah pertanian. Ini karena negeri tersebut terkenal sebagai negara agraris. Namun pertanian justru dikesampingkan oleh bangsa Indonesia sendiri. Hal ini disebabkan pandangan masyarakat yang salah. Pertanian telah dicap menjadi usaha kalangan pedesaan dengan perekonomian menengah ke bawah.

Pemahaman-pemahaman masyarakat yang salah itu, perlu diluruskan kembali. Sebab pertanian bukan merupakan suatu yang patut disepelekan. Karena pertanian tidak dapat dipisahakan dari kehidupan kita. Dengan pertanian, kita dapat memenuhi kebutuhan hidup kita, baik sandang pangan, maupun papan.

Sesungguhnya pertanian memiliki peran penting dalam pencapaian kesuksesan bangsa dan negara. Pertanian dapat memberakn kontribusi terbesar dalam pembangunan perekonomian maupun kecerdasan bangsa. Kalau Negara kekurangan pangan, tentu akan menyebabkan masyarakatnya kekurangan gizi yang berdampak pada penurunan kualitas kecerdasan masyarakat. Selain itu, masyarakat kita akan menjadi lemah.

Oleh sebab itu marilah kita tingkatkan usaha pertanian Indonesia. Karena dunia marak dengan perindustrian, maka kesuksesan pertanian dapat dicapai dengan melakukan usaha pertanian modern berbasis teknologi. Hilangkan pandangan negatif tentang pertanian yang selama ini hanya dinilai sebagai usaha masyarakat bawah. Sebab dengan adanya teknologi, pertanian dapat meningkatkan perekonomian bangsa.

Pada beberapa tahun terakhir ini, terdengar bahwa minat pelajar terhadap pertanian mulai menurun. Banyak jurusan-jurusan seputar pertanian yang kekurangan mahasiswa. Kalau hal ini terus terjadi, maka Indonesia akan kekurangan tenaga ahli di bidang pertanian.

Adanya sebuah perguruan tinggi pertanian di Indonesia seperti Institut Pertanian Bogor hendaknya digunakan pemerintah dengan sebaik-baiknya sebagai upaya peningkatan minat pelajar terhadap pertnian. Penelitia-penelitian dan pengembangan-pengembangan usha pertanian hendaknya senantiasa ditingkatkan di IPB.

Pada umumnya masyarakat enggan menyekolahkan putra-putrinay di perguruan tinggi berbasis pertanian. Alasan masyarakat tersebut adalah agar anaknya dapat memperoleh kekayaan yang lebih. Namun hendaknya masyarakat mau menengok keunggulan-keunggulan ahli-ahli pertanian. Mereka tidak saja kaya secara pribadi, tetapi mereka juga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat serta memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, hendaknya masyarakat mengetahui akan peran penting pertania serta ikut serta menyukseskan pertanian tersebut.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez